Minggu, 02 April 2017

KEDUDUKAN LKS DALAM KURIKULUM 2013 (KELOMPOK 5)



KEDUDUKAN LKS DALAM  KURIKULUM 2013
MATA KULIAH : MENULIS LKS


Dosen : Noor Cahaya, M.Pd.


Kelompok 5
Hendra Yani                                       A1B114022
Muhammad Fiirdaus                           A1B114080
Muhammad Nasar Helmi                    A1B114035
Niken Indah W                                   A1B114085
Nurul Hidayah                                                A1B114092
Rieska Ananda                                    A1B114095




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2017


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan karunia dan rahmatnya kami bisa menyelesaikan makalah mengenai “Kedudukan LKS dalam Kurikulum 2013 ”. Kami berterima kasih kepada Ibu Noor Cahaya, M.Pd.selaku dosen mata kuliah Menulis LKS yang telah memberikan kepercayaan menyelesaikan tugas ini.
Kami berharap makalah ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan juga wawasan kita mengenai penulisan LKS. Kami harap ada masukan berupa kritik dan saran untuk perbaikan makalah.
Mudah-mudahan makalah sederhana ini bisa dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang sudah disusun ini dapat bermanfaat bagi kami ataupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan makalah imi


Banjarmasin, 31 Maret 2017


Kelompok 5











DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...............................................................................................................1
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang..........................................................................................................3
1.2 Rumusan Msalah......................................................................................................3
1.3 Tujuan.......................................................................................................................3
 BAB 2 PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Kurikulum 2013....................................................................................4
2.2  Kedudukan LKS Dalam Pembelajaran...................................................................4
2.3 Kedudukan LKS dalam Kurikulum 2013................................................................5
BAB III PENUTUP
A. Simpulan..............................................................................................................6
B. Saran.....................................................................................................................6














BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Kedudukan LKS dalam proses pembelajaran sangat penting, sebab LKS merupakan sarana pendukung dalam kegiatan belajar. Umumnya LKS yang dibuat telah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, jadi isi LKS harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Adanya Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih mandiri dalam proses pembelajaran. Pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif, ini memunculkan sebuah pertanyaan yaitu “Bagaimana Kedudukan LKS dalam Kurikulum 2013 ?” sebab seperti yang kita ketahui LKS merupakan suatu saran yang mendukung dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. Peran LKS sangat penting sebagai penentu keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Untuk itu dalam makalah ini kami akan menjelaskan mengenai  Kedudukan LKS dalam Kurikulum 2013.

1.2  Rumusan Masalah

1.      Apa Kurikulum 2013 untuk SMA?
2.      Bagaimana kedudukan LKS dalam pembelajaran ?
3.      Bagaimana Kedudukan LKS dalam Kurikulum 2013 ?

1.3  Tujuan
Berdasarkan masalah diatas dapat, didapat tujuan yaitu :
1.      Untuk mengetahui Kurikulum 2013 untuk SMA
2.      Untuk mendeskripsikan peran/kedudukan LKS
3.      Untuk mendeskripsikan Kedudukan LKS dalam Kurikulum 2013






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN KURIKULUM 2013
Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan.
Pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya sekitar pertengahan tahun 2013, Kurikulum 2013 diimpelementasikan secara terbatas pada sekolah perintis, yakni pada kelas I dan IV untuk tingkat Sekolah Dasar, kelas VII untuk SMP, dan kelas X untuk jenjang SMA/SMK, sedangkan pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Jumlah sekolah yang menjadi sekolah perintis adalah sebanyak 6.326 sekolah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap dan perilaku.

2.2  KEDUDUKAN LKS DALAM PEMBELAJARAN
Kedudukan LKS ( Lembar Kerja Siswa) Adalah sebagai pelengkap dari buku teks atau buku ajar. Dimana LKS digunakan sebagai panduan aktifitas pembelajaran untuk memudahkan siswa melaksanakan kegiatan dalam proses pembelajaran dan isinya dirancang serta di lengkapi dengan soal-soal yang mengarahkan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu LKS adalah rangkuman materi yang tersusun singkat dan padat daripada buku teks atau buku ajar. Selanjutnya kedudukan LKS diharapkan mampu mengubah kondisi pembelajaran dari yang biasanya guru berperan menentukan “apa yang dipelajari” menjadi “bagaimana menyediakan dan memperkaya pengalaman belajar siswa”. Pengalaman belajar siswa dapat diperoleh melalui serangkaian kegiatan untuk mengeksplorasi lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, dan narasumber lain.

2.3 KEDUDUKAN LKS DALAM KURIKULUM 2013
Kedudukan LKS dalam kurikulum 2013 harus memiliki keempat aspek yang ada di dalam kurikulum 2013  yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku. Selain itu LKS dapat menunjang tujuan dari kurikulum 2013 yaitu membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. LKS berisikan pengayaan, penguatan dan keterampilan yang di jabarkan dalam kurikulum 2013 yang di tampilkan dalam materi yang di rangkum secara singkat dan soal-soal yang beraneka ragam guna menambah wawasan siswa tersebut.
Pada anak SMA, LKS dapat menunjang kegiatan belajar siswa selain dari buku ajar, dan sangat mendukung terlaksananya proses belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya LKS sangat memudahkan guru dan siswa dalam belajar, karena di dalam kurikulum 2013  buku ajar yang menjadi bahan wajib untuk siswa, dan kehadiran LKS dapat melengkapi belajar mengajar siswa di sekolah.
            Pada dasarnya LKS dan kurikulum 2013 saling berhubungan terlihat dari aspek kognitif,afektif dan psikomotor yang ditampilkan dalam LKS. Dimana LKS itu sendiri untuk melengkapi bukan menggantikan peran buku ajar yang menjadi sumber utama dalam pembelajaran.LKS dan kurikulum tidak dapat berdiri sendiri karena setiap media belajar harus beracuan pada kurikulum 2013 yang sudah ditetapkan oleh kemendikbud.










BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Kedudukan LKS ( Lembar Kerja Siswa) Adalah sebagai pelengkap dari buku teks atau buku ajar. Lembar kerja siswa sendiri dalam kurikulum 2013 harus memiliki keempat aspek yang ada di dalam kurikulum 2013  yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku.
B. Saran
Pada makalah ini kelompok kami kesulitan dalam mencari sumber maka, diharapkan pada penelitian selanjutnya lebih banyak lagi yang membahas mengenai kedudukan lembar kerja siswa pada kurikulum 2013.




















DAFTAR PUSTAKA

19penyusunan-dan-kegunaan-lks.pdf diakses pada 3 April 2017



6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama :nur rahmah
    Nim: A1B114090
    Kelompok 1
    Apakah LKS yang beredar selama ini sudah sesuai dengan kurikulum 2013?

    BalasHapus
  3. Salam
    Saya akan menjawab pertanyaan Nur rahmah. Lks pada hakikatnya adalah pendamping buku ajar, dimana buku ajar disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku. Jadi LKS pastinya menjadikan kurikulum 2013 sebagai acuan pembuatannya. Ini terlihat pada aspek-aspek seperti kognitif, afektif dan psikomotor yang di sajikan dalam LKS tersebut. Selain itu LKS juga membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Dimana keaktifan siswa tersebut menjadi poin penting dalam kurikulum 2013.

    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Dewi Herliani
    NIM A1B114068
    Kelompok 6

    Bagaimana dengan sekolah yang belum menerapkan K.13 apakah tetap menggunakan LKS berdasarkan K.13 dan pembelajarannya apakah efektif jika masih menggunakan LKS berdasarkan K.13 ???
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Saya akan menjawab pertanyaan dewi herliani. Menurut kami, penggunaan lks itu sendiri merupakan kebijakan sekolah. Sebagaimana fungsi dari lks itu sendiri yang mana hanya sebagai pendamping dari buku ajar sehingga untuk penggunaannya efektif jika dipadukan dengan buku ajar bukan lks sebagai bahan utama untuk mengajar.

    BalasHapus
  6. Boleh minta contoh LKS K2013 nya?

    BalasHapus